PERSIAPAN PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI POSYANDU (SIP)

Sahabat Desa NTB,

Persiapan penerapan aplikasi Sistem Informasi Posyandu (SIP) dihelat di Aula rapat DPMPD DUKCAPIL NTB, Selasa (28/7/2020) dipimpin oleh Kepala Bidang Kelembagaan & Sosbud DPMPD DUKCAPIL, Suwardi, SH., M.Si., dihadiri oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfotik Prov. NTB.

Aplikasi SIP yang dikembangkan oleh Dinas Kominfotik Prov. NTB dihajatkan untuk mendapatkan data terpadu yang mencakup berbagai komponen kegiatan Posyandu di desa dan kelurahan. Lalu Herdianto Tri Wisnu, S.Kom, Kasi Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Diskominfotik, mempresentasikan Aplikasi SIP di hadapan Kepala Bidang dan Staf DPMPD Dukcapil.

Cakupan data yang ditampilkan melalui SIP ini antara lain data proses tumbuh kembang anak, pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak, pencapaian program, kontinuitas penimbangan, hasil penimbangan dan partisipasi masyarakat.

Menurut Suwardi, aplikasi SIP ini dapat menjadi acuan bagi Kader Posyandu untuk memahami permasalahan sehingga dapat mengembangkan kegiatan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran.

“Dengan informasi yang tepat guna dan tepat waktu mengenai pengelolaan Posyandu, berbagai pihak yang berperan dalam pengelolaan Posyandu dapat menggunakannya untuk membina Posyandu demi kepentingan masyarakat”, ungkapnya.

DPMPD Dukcapil bersama Dinas Kesehatan Prov. NTB, tambahnya, akan segera melaksanakan roadshow ke Kabupaten/Kota se NTB, untuk sosialisasi sekaligus melaksanakan bimtek bagi kader Posyandu.

#NtbTangguh&Mantap

#NtbSehat&Cerdas

#RevitalisasiPosyandu

#DpmpdDukcapilNtb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons