Rakornas Dukcapil Sekaligus Launching ADM


Jakarta, 25 November 2019. Bertempat di Hotel Discovery, Ancol Jakarta, Pembukaan Rapat Koordinasi Dukcapil Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Acara ini sekaligus melaunching mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) yaitu sebuah mesin yang dapat mencetak data kependudukan seperti KTP, akta kelahiran, akta kematian, dan KK hanya dalam hitungan menit.


Dalam sambutannya, Mendagri, Tito Karnavian, mengatakan “Dengan mesin ADM ini, bisa mencegah korupsi, karena masyarakat tidak perlu bersentuhan langsung dengan petugas. Maka otomatis potensi untuk korupsi hampir dikatakan hilang, dan kemudahan dalam hitungan menit bisa dinikmati oleh publik”.



Dalam Rakornas ini, Dukcapil Kota Mataram mendapatkan penghargaan kategori Dukcapil Bisa, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Chaerul Anwar, SIP. Selain itu, dalam Rakornas ini ditandatangani kerjasama antara Dukcapil dengan BPS untuk mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk 2020. Komitmen dukungan tersebut ditandatangani juga oleh 33 Kepala Dinas Dukcapil Provinsi seluruh Indonesia.



Dalam Rakornas ini, ditunjukkan juga inovasi Ditjen Dukcapil dalam menyajikan data kependudukan berbasis GIS (Geografic Information System). Dengan aplikasi ini, data kependudukan bisa diperoleh hanya dengan mengklik peta suatu daerah. Data yang disajikan dapat menampilkan data sampai level desa/kelurahan. Aplikasi ini juga bisa mencari data kependudukan orang hanya dengan fotonya. Dengan memasukkan foto, data kependudukannya bisa langsung ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons