DPMPD Dukcapil NTB mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional ke XXI

Ajang tahunan yang menampilkan hasil temuan TTG se- Indonesia itu digelar di Bengkulu mulai tanggal 21 s/d 25 September 2019. Dalam sambutannya, saat membuka acara secara resmi Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi mengatakan bahwa Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah salah satu cara untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap TTG.

Selanjutnya Menteri Desa ini juga berharap dengan adanya gelaran TTG dapat mendorong terciptanya inovasi yang dapat menggantikan produk-produk yang selama ini masih impor. ” Dengan Form TTG ini hendaknya dapat tercipta teknologi yang dapat mengurangi dan memberikan substitusi pada bahan import kita serta mengajarkan dan mendorong anak-anak SMK untuk membuka bengkel di desa “, harapnya.

Sementara itu Kontingen DPMPD Dukcapil Prov. NTB dalam stand-nya menampilkan temuan berupa Mesin Pengolah Plastik Menjadi BBM yang ditemukan oleh Kaspul Hadi dari Lombok Timur serta Alat Pemotong Kayu Serbaguna yang ditemukan oleh Putradi dari Kabupaten Lombok Utara disamping beberapa produk unggulan dari NTB seperti tenun ikat, mutiara, kopi dan kakao.

Selama berlangsungnya Gelar TTG tidak kurang dari 500 orang mengunjungi Stand NTB. Disamping mengagumi temuan TTG yang ditampilkan, pengunjung juga banyak meminati produk unggulan dari NTB utamanya mutiara.

Dalam rangkaian Gelar TTG tersebut juga diselenggarakan Lokakarya dan Rakornis Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat (PPMD) yang dilaksanakan di Grage Horison Hotel serta Widyawisata yang dilaksanakan di Kabupaten Kapahiang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons