Membangun Komitmen Bersama Dalam Rangka Mewujudkan NTB Gemilang

Demikian salah satu harapan yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum dan Kesra Setda Provinsi NTB saat membuka Rakor Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) pada Minggu 25 Agustus 2019 di Hotel Lombok Raya Mataram.

Lebih jauh pada Rakor yang dihadiri unsur Bappeda, Dinas PMD, Perwakilan Camat, Perwakilan Kepala Desa serta Pendamping Desa ini , Asisten Administrasi Umum dan Kesra juga meminta Camat, Kepala Desa dan Pendamping Desa untuk bersatu padu, menyamakan langkah dan persepsi dalam mengawal dan melaksanakan pembangunan. Secara khusus Asisten ini juga meminta kepada kepada Kepala Desa untuk berhati-hati dalam mengelola anggaran yang ada di desa. ” Dana Desa adalah hal baru bagi desa, karenanya tentu hal tersebut akan menjadi perhatian banyak orang. oleh sebab itu dalam mempergunakan anggaran yang ada harus sesuai dengan pedoman dan peraturan perundangan yang berlaku “, jelasnya.

” Silahkan berimprovisasi dalam melaksanakan kegiatan, tapi jangan berimprovisasi dalam penggunaan uang” imbuhnya menyitir pesan yang sering disampaikan Tuang Guru Bajang (TGB) ketika menjadi Gubernur NTB.

Dalam arahannya pada Rakor yang mengambil tema ” optimalisasi Peran Stakeholder Dalam Pengelolaan Dana Desa Yang Terintegrasi” Asisten Administrasi Umum dan Kesra ini juga menyinggung Program Unggulan Pemprov NTB, diantaranya Revitalisasi Posyandu dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Secara gamblang Asisten IIi ini juga menjelaskan apa itu Revitalisasi Posyandu serta langkah langkah yang akan ditempuh untuk mensukseskan program revitalisasi Posyandu.

” Nantinya Posyandu akan melayani masyarakat di semua strata umur” pungkasnya.

Sebelum itu, Drs L. Irman Sukmantara, M.Si Sekretaris DPMPD Dukcapil selaku Ketua Panitia pada Rakor P3MD tersebut melaporkan bahwa Rakor ini akan berlangsung hingga 3 hari kedepan. Tujuan yang hendak dicapai dari Rakor ini diantaranya adalah untuk melakukan analisa dan evaluasi reguler terhadap pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

” Dari Rakor ini juga diharapkan dapat terjadi integrasi program yang dilaksanakan Pemprov dan Pemkab se NTB seperti program penanganan stunting, revitalisasi Posyandu serta penguatan BUMDes ” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons