Kunjungan Kerja Wagub Dalam Rangka Revitalisasi Posyandu

Wakil Gubernur NTB Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dompu. Wakil Gubernur didampingi Asisten 3 Setda Prov. NTB, Kepala DPMPD DUKCAPIL NTB, Kepala Dikes NTB, Kepala DLHK NTB, Kepala DISKOMINFOTIK NTB beserta rombongan diterima oleh Wakil Bupati di Pendopo Bupati Dompu.

Kunjungan Kerja ini dalam rangka silaturahmi bersama jajaran Pemkab, Camat dan Kepala Desa se-kabupaten Dompu serta para Pendamping Desa dalam rangka sosialisasi dan melihat keberhasilan Kab. Dompu dalam upaya mendukung Program Unggulan NTB yaitu Revitalisasi Posyandu, Zero Waste dan Pengelolaan Bank Sampah sebagai salah satu Unit Usaha BUMDES.

Dalam arahannya di depan para undangan Wagub menyampaikan bahwa Kab. Dompu terdepan dalam upaya Revitalisasi Posyandu dimana Kab. Dompu menargetkan menjadikan seluruh Posyandu yang ada menjadi Posyandu Keluarga ditahun 2020. Posyandu Keluarga adalah Posyandu yg dalam pelayanannya tidak hanya memberi pelayanan pada Ibu Hamil, Bayi dan Balita tetapi juga memberikan pelayanan kepada remaja dan lansia serta seluruh anggota keluarga lain sehingga penyakit degeneratif seperti Darah Tinggi, Kolesterol, jantung, Asam Urat, Diabetes bisa ditekan dan dikontrol sejak dini. Disamping itu pula di Posyandu juga akan diberikan penyuluhan terkait isu isu sosial atau permasalahan yang terjadi di dalam dusun/desa misalnya Narkoba, Pernikahan Dini, Ilegal Loging, Buruh Migran, Sampah, Kebakaran Hutan, Banjir atau isu sosial lain yang dominan terjadi di wilayah desa/dusun. Hal ini sebagai upaya utk meminimalisir permasalahan yang ada, Kader Posyandu pun akan dibekali pengetahuan tentang hal hal tersebut.

Dihadapan para Kades, wagub menyampaikan pula bahwa Dana Desa yang ada tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi perlu dialokasikan juga untuk pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan Kesehatan dan Perbaikan Lingkungan. Dalam hal mendukung Program Zero Waste, Wagub menyampaikan perlunya pengembangan Bank Sampah di Desa dan bisa terintegrasi dengan Posyandu sehingga kita harus memiliki Prinsip “Sejahterakan Masyarakat Lestarikan Lingkungan”

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ini, tinjauan lapangan dilakukan di Desa Dorokobo Kecamatan Kempo untuk melihat langsung Posyandu terintegrasi Bank Sampah yang dikelola BUMDES. Di desa Dorokobo rombongan diterima oleh Kepala Desa beserta jajarannya dan seluruh lapisan masyarakat. Dalam sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dompu, disampaikan bahwa di Kab. Dompu telah di launching Program Posyandu Keluarga pada bulan Juni Tahun 2018, yang mana sampai dengan saat ini dari 424 Posyandu yang ada, sebanyak 202 Posyandu sudah menjadi Posyandu Keluarga yang dalam pelaksanaannya mengembangkan Jimpitan Sampah Posyandu yang bekerjasama dengan BUMDES. Dan khusus di kec. Kempo keseluruhan Posyandu yang berjumlah 35 unit telah menjadi Posyandu Keluarga. Upaya ini tidak lepas dari keterlibatan semua pihak di Kabupaten. Angka Stunting pun dapat ditekan dengan Inovasi “IBU JARI” yaitu INOVASI BUBUR JAGUNG KELOR DAN IKAN serta Inovasi Kelorisasi dimana disetiap Rumah Wajib menanam KELOR dihalaman rumahnya.

Dalam tinjauan lapangan Wagub dan rombongan melihat langsung pola integrasi pelayanan Posyandu dan Bank Sampah. Setiap sasaran Posyandu yang datang di pelayanan wajib membawa sampah plastik dalam 1 (satu) kantong kresek merah sebagai jimpitan Posyandu, bila lebih dari itu akan dimasukkan sebagai tabungan sampah atas nama sasaran. Hasil jimpitan akan dikelola oleh Posyandu untuk menambah PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Bayi Balita, dan hasil tabungan akan diberikan oleh BUMDES kepada pemilik/sasaran, bisa dalam bentuk uang ataupun bahan makanan berupa telur, susu dan bahan pangan lain pelengkap gizi.

Keberhasilan inilah yang diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi dan akan coba diadopsi agar dapat dilakukan di wilayah desa dan kabupaten lain di NTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons