10 KEUNGGULAN GUNUNG RINJANI

Para pendaki gunung pasti setuju bila saya mengatakan bahwa gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang memiliki pemandangan paling Indah di Indonesia. Lihat saja jalur pendakiannya yang begitu lengkap, dimulai menyusuri padang savana, melewati hutan dan jalur vulcanic. Tidak heran bila gunung ini tidak pernah sepi dari para pemburu sunrise, pendaki gunung.

Bukan hanya pendaki lokal, pendaki mancanegara pun banyak yang tersihir oleh keindahan alam yang tersaji pada gunung yang terletak di Lombok, NTB ini. Bukan tanpa alasan, para turis asing itu berlomba-lomba datang ke Indonesia untuk menikmati pesona Rinjani karena;

1. Rinjani Punya Segara Anak yang Cantiknya Tidak Kalah Oleh Aril Tatum


Bila Semeru punya Ranu Kumbolo, Rinjani pun punya Segara Anak yang kecantikannya tidak perlu dipertanyakan. Pepohonan rindang, pantulan sinar mentari dan dinding megah gunung Rinjani adalah sebarisan kecil dari keindahan Segara Anak.

Menurut Basecamp Para Pendaki, segara anak memiliki artian “anak laut”, hal ini karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Berada di Segara Anak akan membuat hatimumu tenang, setenang hidupmu jika gak punya hutang. Hihihi

2. Pesona Anggun Segara Anak Tergambar di Mata Uang Rp 10.000 Pada Tahun 1998


Kamu pernah punya uang sepuluh ribu di atas?, jika benar, berarti kamu lebih tua dari penulis *So muda banget sih. Pasalnya, pada tahun 1998 Bank Indonesia menghiasi mata uang senilai Rp 10.000 dengan pesona anggun Segara Anak. Ini bukti bahwa Segara Anak adalah salah satu harta karun Indonesia.

3. Rinjani Masuk Dalam Jajaran Seven Summit Indonesia


Puncaknya yang berada di ketinggian 3.726 mdpl memasukan Rinjani dalam jajaran  Seven Summit Indonesia urutan ke-3 setelah Jaya Wijaya di Papua dan Kerinci di Sumatra Selatan.

Bila kamu berhasil menginjakkan kaki di puncak Rinjani, kamu bakalan disuguhi oleh hamparan awan yang menakjubkan serta barisan gunung-gunung, termasuk gunung Batur, Agung dan gunung Tambora. Cakep banget deh.

Catatan: Seven Summit sendiri adalah 7 gunung tertinggi yang diambil dari beberapa pulau di Indonesia, sebuah kebanggaan bagi seorang pendaki apabila ia sudah pernah menginjakkan kaki di ke-7 gunung tersebut.

4. Terdapat Pemandian Air Panas Juga Lho!


Sebuah angan-angan, selepas mendaki kamu bisa berendam di pemandian air panas. Nah, jika gunung yang kamu daki adalah gunung Rinjani, kamu tidak usah turun terlebih dahulu untuk berendam, karena di gunung Rinjani terdapat pemandian air panas yang alami yang terletak di dekat Segara Anak.

Sambil melepas rasa lelah, kamu bisa berendam air panas dengan ditemani indahnya pemandangan di gunung Rinjani. Benar-benar dimanjakan, nikmat mana lagi yang akan kamu dustakan?.

5. Rinjani Berhasil Menyabet Beberapa Penghargaan di Ajang Dunia

Keindahan Rinjani tercermin dari jajaran penghargaan yang telah diterimanya dalam beberapa tahun terakhir di antaranya;

2004 gunung Rinjani menerima penghargaan dari Conservation International and National Geographic Traveler di ajang World Legacy Award dalam kategori Destination Stewardship

2005 TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) masuk dalam 3 besar Tourism for Tommorow Award dalam kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council.

2007 Rinjani menjadi finalis di ajang Tourism for Tommorow Award.

Rinjani menjadi gunung dengan tata letak terbaik di Asia Tenggara.

Hebat sekali bukan?, Rinjani gitoh.

6. Sunset Paling Romantis?, Plawangan Sembalun Tempatnya


Saya percaya bahwa gunung Rinjani adalah gunung yang romantis, bukan karena pernah dijadikan tempat shooting film Romeo dan Rinjani, tapi, kamu bisa merasakan suasana romantis di Plawangan Sembalun saat menyaksikan matahari terbenam, apalagi jika ditemani sang pujaan hati. Suasana anggun bakalan menyihirmu menjadi sangat puitis kala itu.

7. Memiliki Track yang Istimewah


Buat kamu yang pernah mendaki gunung Rinjani, pasti tahu kalau Rinjani mempunyai track bintang 5. Memang melelahkan, tapi jajaran keindahan yang terbentang di sepanjang track Rinjani itu ibarat angin sepoi-sepoi yang mampu bikin hati kamu adem. Dimulai dari hutan khas pegunungan rendah, kecantikan bunga Edelweis, luasnya padang savana, hingga hutan khas ala pegunungan tinggi.

8. Kehadiran Goa Susu dan Goa Payung Mas Menjadi Pelengkap Keindahan Gunung Rinjani


Setelah danau, padang savana, bunga Edelweis, pemandangan air panas dan danau Segara Anak, Rinjani masih memiliki 2 goa, yakni goa Susu dan goa Payung Mas. Gunung mana yang memiliki spot sekomplit Rinjani?, sekali mendaki, kamu bisa menikmati banyak keindahan alam. Perfecto!.

9. Rinjani Sebagai Lambang Keharmonisan Antar Umat Beragama


Khusus untuk umat Hindu Lombok dan Islam di Bali, Watu Telu. Mereka sama-sama mensakralkan danau Segara Anak. Pada setiap tahunnya, mereka silih berganti mengadakan ritual dan berdo’a di area Segara Anak, hal ini dilakukan untuk menjaga keharmonisan alam raya.

10. Banyak Air Terjun yang Bisa Kamu Temui di Rinjani dan Sekitarnya


Kurang apa lagi coba?, selain keindahan yang sudah disebutkan di atas. Kamu juga bisa menemui keindahan berupa air terjun di gunung Rinjani. Tercatat, ada 20 air terjun yang terletak di kaki gunung Rinjani.

Gunung Rinjani memang sangat istimewa ya guys. Dari 10 fakta di atas, fakta manakah yang membuatmu terkagum-kagum?, atau semuanya?, jadi kapan kamu mau ke sana?.

==Sani Rhamadan==

Sumber: http://www.pendakigunung.top/

2 Responses to 10 KEUNGGULAN GUNUNG RINJANI

  1. yosefpedia says:

    kereeen, jadi pengen ke rinjani

  2. Luar biasa pemandangan yang terdapat di pegunungan rinjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons