Bintek Profil Desa (Menata Data Membangun Desa)

Suksesnya sebuah perencanaan pembangunan sangatlah tergantung pada akurat dan tidaknya sebuah data. Hal ini disadari betul oleh DPMPD Dukcapil NTB selaku institusi yang berkaitan langsung dengan pembangunan desa. Karenannya pada  tanggal 13 hingga 15 Maret 2017 DPMPD Dukpacil menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa/Kelurahan.  Bimtek yang diikuti 116 orang peserta dari unsur Kasi/Staf PMD Kecamatan se Provinsi NTB ini  antara lain membahas penataan data terkait dengan data dasar keluarga, potensi desa serta perkembangan desa.  Drs. Baharudin, M.Pd selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTB  dalam sambutannya antara lain berpesan bahwa perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid. Profil desa sendiri haruslah dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan , potensi serta tigkat perkembangan desa. Karenanya kepada para peserta  diminta untuk memanfaatkan momen bimtek ini untuk menyerap ilmu yang diberikan para Narasumber dan Pelatih secara maksimal.

Selanjutnya untuk memberikan hasil yang maksimal, bimtek yang digelar di Hotel  Grand Legi ini menghadirkan Narasumber dan Pelatih yang berkompeten di bidanganya yang berasal dari DPMPD Dukcapil serta Tim Penyusunan dan Asistensi Penyusunan Profil Desa Provinsi NTB.

Dalam bimtek yang berlangsung selama 3 hari ini juga terungkap bahwa dari 995 desa yang ada di NTB telah terinput data profil desa sebanyak 703 desa , sementara dari  142 kelurahan yang telah menginput data di profil desa mencapai 96 kelurahan. Belum semua desa dan kelurahan melakukan input data antara lain disebabkan oleh belum terbentuknya Pokja Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, disamping itu masalah penggantian operator  yang menangani profil desa/kelurahan  serta sulitnya akses internet juga menjadi kendala tersendiri bagi terlaksananya penyusunan profil desa.

Lebih lanjut dari gelaran bimtek tersebut juga  tergambarkan beberapa kendala di kecamatan yang notabene sebagai Pembina Teknis dalam Penyususnan Profil Desa. Kendala yang sempat terungkap tersebut antara lain : belum adanya Pokja Pembina Teknis Penyusunan Profil Desa serta tidak adanya anggaran dan sarana dan prasarana untuk mendukung Penyususunan Profil Desa, sementara kewenangan untuk pembinaan penyusunan profil sudah dilimpahkan dari kabupaten ke kecamatan.

Rusman, SH, MH selaku Kepala DPMPD Dukcapil Provinsi NTB dan sekaligus sebagai Narasumber dalam bimtek ini mengatakan bahwa berdasarkan hasil jelajah desa yang telah ia lakoni banyak sekali potensi-potensi yang belum terdata dan dikekola dengan baik, padahal potensi tersebut semestinya dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Lebih lanjut pria yang selalu semangat dan energik ini mengatakan bahwa ia dan Tim Jelajah Desa yang dinahkodainya akan selalu turun ke desa untuk bersama-sama Pemerintah Desa menggali segenap potensi yang ada serta merencanakan pengembangan potensi tersebut untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri. Kepala Dinas ini juga menyinggung bahwa sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten mesti terus dibangun. Diharapkan Pemerintah Kabupaten mempunyai semangat yang sama dengan Pemerintah Provinsi untuk bersama sama meningkatkan kapasitas aparat di tingkat kecamatan dan desa. Bimtek semacam ini mestinya bisa diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten secara berkala, sehingga ada kesinambungan gerak antara Provinsi dan Kabupaten dalam menyiapkan aparat yang mempunyai kompetensi.

Melihat antusiasme peserta yang terlihat pada diskusi antara peserta dengan narasumber dan pelatih saat memberikan materinya, rasanya slogan Desa Membangun Indonesia yang digaungkan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi ini akan segera terwujud di Nusa Tenggara Barat. Dan bukanlah mimpi pula kalau pada 4 tahun mendatang desa-desa di Nusa Tenggara Barat akan menjadi pusat belajar desa-desa lain yang ada di Nusantara ini….semoga !!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons